Minggu, 24 Mei 2009

FORUM ILMIAH

FORUM ILMIAH

forum diskusi ilmiah, pendidikan berkelanjutan, PUKA dan lain lain diyakini dapat meningkatkan profesionalisme para apoteker. Forum diskusi ilmiah akan meningkatkan transfer ilmu dari satu praktisi ke praktisi yang lain. Juga akan menjadi forum pemecahan masalah bila profesi apoteker menemui masalah.

Seringkali dalam menjalankan profesi kita kesulitan dalam menyelesaikan masalah terkait profesi yang disebabkan salah satunya karena iptek yang berkembang sangat pesat. Oleh karena itu forum diskusi seperti pada situs resmi ISFI sangat diperlukan dan seharusnya dikembangkan. Bila diperlukan mungkin juga perguruan tinggi farmasi seharusnya juga mengembangkan forum forum seperti ini.

Demikian juga seminar atau pendidikan berkelanjutan, seharusnya juga menjadi salah satu yang bisa dikembangkan guna meningkatkan profesi. Saat ini secara kualitas ataupun kuantitas perlu ditingkatkan. Pendidikan berkelanjutan menjadi salah satu cara agar profesi apoteker tidak ketinggalan perkembangan ilmu pengetahuan. Sehingga akan sangat membantu dalam praktek profesi.

Pelatihan pelatihan juga akan meningkatkan kemampuan apoteker dalam meningkatkan ketrampilan profesi. Dengan semakin terampil, maka diharapkan profesi akan berjalan dengan lebih efisien dan profesional. Saat ini pelatihan pelatihan juga masih sangat sedikit.

Pendapat saya, mungkinkah forum ilmiah dapat berjalan? Tidak mungkin akan ada aliran ilmu bila didalam forum hanya diisi oleh apoteker yang jam terbangnya sangat rendah. Karena bila forum hanya diisi oleh apoteker yang mempunyai jam terbang rendah maka kualitas forum juga akan rendah dan mungkin tidak atau kurang mengakomodasi kebutuhan profesi. Seharusnya forum diisi oleh para praktisi yang betul betul paham akan masalah profesi. Bila forum tidak dikendalikan oleh para praktisi bisa jadi forum akan berkembang menjadi forum imaginasi, sehingga forum justru tidak menjadikan profesi berkembang tetapi malah maju kebelakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar