Minggu, 31 Mei 2009

PEMBIBITAN DAN KOMPETISI

PEMBIBITAN DAN KOMPETISI

Dua hal diatas adalah bagian dalam membentuk atlit. Tanpa pembibitan yang tepat, maka hasil yang dicapai tidak akan maksimal demikian juga bila kompetisi kurang, maka hasil yang diharapkan juga tidak akan maksimal.

Pada tulisan kali ini saya ingin mengungkapkan tentang kompetisi. Yang mana kompetisi tidak akan terjadi bila apoteker tidak pernah ada di apotek. Bila apoteker tidak pernah nongol di apotek maka yang berkompetisi hanya manajemen, bukan pelayanan. Sehingga kompetisi hanya masalah masalah teknis yang hasilnya tentu saja kurang maksimal bagi perkembangan profesi.

Dalam pelayanan di apotek yang dilakukan oleh apoteker secara langsung umumnya pelayanan kefarmasian menjadi suatu hal yang dijual yang diharapkan akan menjadi daya tarik utama dari suatu pelayanan kefarmasian di apotek. Pada masyarakat yang mempunyai pemahaman yang baik tentang pendidikan kesehatan, pelayanan yang prima adalah tujuan saat mereka mempunyai kepentingan dengan apotek. Dan bila semua apoteker yang berpraktek profesi di apotek sudah menjalankan profesi secara aktif dan pemahanan masyarakat sudah baik dalam hal pelayanan kefarmasian, maka mau tidak mau kompetetisi akan terjadi dengan sendirinya. Tentunya diharapkan kompetisi yang jujur atau dalam sepak bola di kenal "fair play". Kompetisi seharusnya bukan hal yang tabu bila profesi ingin berkembang.

Hal lain dari pentingnya kompetisi adalah perkembangan iptek terkait profesi. Dengan adanya kompetisi antar apoteker yang berpraktek profesi diapotek, maka apoteker akan berlomba lomba untuk selalu memperbarui penguasaan ipteknya dan akan mendorong penelitian penelitian terkait iptek pelayanan kefarmasian.

Hal yang diharapkan selanjutnya tentu saja kepuasan pelanggan. Pelanggan akan puas karena masalah kesehatan yang terkait kefarmasian diselesaikan dengan profesional. Pemerintah tentu saja akan sangat diuntungkan, karena beban pemerintah akan diselesaikan sebagian secara mandiri oleh masyarakat sendiri yang tergabung dalam HISFARMA/ISFI. Bagi profesi akan sangat diuntungkan karena eksistensinya diakui oleh masyarakat luas dan pemerintah.

Dengan uraian diatas, kompetisi yang profesional sangat dibutuhkan demi perkembangan profesi itu sendiri. SELAMAT BERKOMPETISI DENGAN PROFESIONAL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar