Sabtu, 12 Juli 2008

PEMAKSAAN PROFESI

PEMAKSAAN PROFESI

Banyak bentuk pemaksaan profesi apoteker diapotek yang salah satunya adalah iklan. Sebagai seorang yang profesional tentu saja dalam menyediakan barang dan jasa diapotek tidak boleh didasarkan pada ada dan tidaknya iklan untuk produk tersebut.

Salah satu contoh yang sering kita temukan adalah bahasa iklan seperti "sudah tersedia di apotek sekitar anda" atau dengan kalimat lain yang menunjukan seakan-akan produk tersebut sudah tersedia disetiap apotek diseluruh pelosok negeri. Iklan semacam ini menurut saya adalah suatu hal yang berdampak sebagai pembodohan terhadap masyarakat dan pemaksaan terhadap profesi.

Seharusnya para pemasang iklan menyadari bahwa penyediaan barang dan jasa diapotek adalah didasarkan pada hal-hal yang rasional yang terkait profesi dan akan dikelola demi kepentingan masyarakat banyak. Dan harusnya mereka menyadari bila produk yang merekan iklankan belum tentu menjadi plihan rasional dari seorang apoteker yang praktek profesi diapotek.

Pertimbangan rasional yang dipakai oleh para apteker yang berpraktek profesi diapotek biasanya disesuaikan dengan daerah setempat. Dan setiap daerah adalah spesifik, jadi janganlah iklan seperti tersebut diatas diadakan. Satu hal lagi yang mengganggu adalah tidak semua PBF atau distributor yang membawa produk tersebut menjangkau apotek didaerah.

Bentuk pemaksaan lain adalah konsinyasi yang ditentukan sepihak oleh PBF, hal semacam ini tentu saja sangat mengganggu. Biasanya saya tegur salesnya, karena seringkali konsinyasi dilakukan tanpa seijin apotekernya. Sebagai apoteker biasanya saya menolak konsinyasi dan saya biasanya memberikan penilaian terhadap produk konsinyasi. Bila produk tersebut saya anggap baik dan layak akan saya beli saja dan bila produk tersebut menurut saya tak rasional tentu saja saya tolak. Bila tetap memaksa biasanya saya tawarkan untuk memakai biaya sewa tempat.

Bagaimanapun bentuk pemaksaan terhadap profesi sebaiknya jangan dilakukan, karena sangat mengganggu. Dan menurut saya sebaiknya semua pihak menyadari termasuk iklan obat yang tidak rasional yang dapat menjadikan pemaksaan seharusnya dilarang. Karena bagaimanapun juga pemaksaan profesi akan mendukung terjadinya ketidak rasionalan pelayanan.

1 komentar:

  1. Pak teman-teman kediri yang datang keacara hisfarma nanti siapa saja pak? Peserta sudah mencapai 100 peserta ....
    Mohon infonya ya?
    Trim's

    BalasHapus