Jumat, 29 Agustus 2008

APOTEK UNTUK MAGANG

APOTEK UNTUK MAGANG


Mahasiswa Profesi memerlukan magang diapotek. Hal ini agar setelah lulus apoteker langsung siap diterjunkan kemasyarakat, mendampingi masyarakat dalam menggunakan obat dan sediaan farmasi lain. Lebih jauhnya agar apoteker baru diharapan dapat melayani masyarakat dengan lebih optimal dan tidak terlalu tertinggal jauh dengan para seniornya yang telah lama berpraktek profesi diapotek.
Pada magang ini diharapkan mahasiswa profesi dapat belajar menerapkan semua ilmu yang telah didapatkan dibangku kuliah pada saat praktek profesi diapotek. Dan persyaratan apotek yang bisa dipakai sebagai PKP mahasiswa farmasi tingkat profesi adalah emenuhi beberapa kriteria sebagai berikut :
1. Mempunyai jumlah pasien yang cukup.
2. Dikelola oleh apoteker secara langsung baik pada sisi praktek profesi dan manajemen

1. Mempunyai jumlah pasien yang cukup, merupakan salah satu syarat agar keterwakilan kasus profesi yang menjadi pembelajaran profesi cukup. Sebagai ilstrasi, tak rasional bila apotek hanya mempunyai kunjungan kurang dari 20 orang dijadikan tempat magang. Pada apotek yang tingkat kunjungannya kecil seringkali hanya melayani kasus-kasus tertentu yang kurang luas permasalahan permasalahan profesinya, sehingga pada praktek profesinya nanti apoteker akan kesulitan pada saat menghadapi kasus-kasus tertentu.

2. Dikelola oleh apoteker secara langsung baik pada sisi praktek profesi dan manajemen. Disini diharapkan akan terjadi tranfer teori dan praktek profesi secara optimal. Seperti penulis alami yang merasa sangat berhutang budi pada para apoteker pembina PKP di apotek. Bahkan pada awalnya penulis betul-betul mencoba manajemen mereka sampai terbentuk manajemen yang lebih sesuai pada daerah setempat. Pada praktek profesi seringkali suatu daerah mempunyai kharakter masyarakat yang berbeda-beda dan mempunyai kesulitan yang berbeda-beda baik terhadap pengelolaan yang terkait profesi ataupun yang terkait manajemen. Bila magang diapotek yang tidak dikelola apoteker secara langsug ditakutkan apotek tidak akan terbuka, sehigga apoteker baru menjadi kurang siap dalam melakukan praktek profesi.

Hal Lain Yang Juga Harus Dipersiapkan

ISFI dan Perguruan Tinggi,membuat data kelayakan apotek yang akan dimonitor secara terus-menerus dan dievaluasi. Juga menyiapkan modul yang harus dikuasai minimal calon apoteker, sehingga terjadi keseragaman out put.

Keuntungan Magang Calon apoteker

1. Buat calon apoteker,
- Calon apoteker dapat mengetahui kasus pelayanan kefarmasian yang up to date.
- Calon apoteker dapat belajar memulai mengembangkan diri sebagai profesional

2. Buat PT
Perguruan Tinggi dapat lebih memantau kebutuhan akan pengembangan ilmu pengetahuan terkait profesi, sehingga pengembangan sain di perguruan tingi lebih akomodatif dengan kebutuhan pasar.

3. Buat Apoteker Pembina
Apoteker pembina dapat dapat mengikuti perkembangan sain dengan berinteraksi dengan apoteker baru.

4. Buat apotek
Apotek dapat lebih mengikuti perkembangan dunia farmasi khusunya bidang perapotekan, karena ada interaksi antara karyawannya, apoteker, calon apoteker, ISFI dan perguruan tinggi.

Baca juga di http://sites.google.com/site/hisfarma/Home/idea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar