Jumat, 08 Agustus 2008

MEMANFAATKAN TEMU ILMIAH HISFARMA SEBAGAI TEMPAT KOMUNIKASI

MEMANFAATKAN TEMU ILMIAH HISFARMA SEBAGAI TEMPAT KOMUNIKASI


Banyak alasan kenapa banyak komentar peserta temu ilmiah HISAFARMA di Probolinggo banyak yang positif. Salah satunya adalah kesempatan menimba ilmu pengelolaan apotek dari teman yang sudah cukup sukses. Seperti yang dilakukan oleh salah satu peserta yang memanfaatkan temu ilmiah ini sebagai sarana mendiskusikan tentang strategi apa yang harus diambil pada saat awal pembukaan apotek. Karena strategi awal ini adalah sebagai langkah awal yang seharusnya cukup diperhitungkan.

Apotek siap buka, tetapi strategi awal masih menjadi keraguan buat sang teman. Seperti pemula pada umumnya. Mereka seringkali ragu saat awal membuka apotek karena dibayangi rasa ketakutan akan kerugian. Disinilah peran komunikasi dalam forum HISFARMA, yang mana menjadi tetap hidup meskipun ada diluar ruang pertemuan. Umumnya sangat melelahkan, karena seringkali pertemuan dilanjutkan diluar ruangan atau didalam kamar.

Menurut saya pertimbangan mendiskusikan dulu tentang langkah yang harus diambil sebelum buka juga merupakan langkah hati-hati yang sudah seharusnya juga dipertimbangkan oleh para apoteker yang baru buka apotek. Suatu forum yang hidup dari HISFARMA, yang mana diskusi mengalir dengan sangat baik. Banyak masukan dari teman-teman, tetapi umumnya masih sebatas pengalaman pribadi.

Pada saat akan membuka apotek hal yang harus dilakukan adalah menghitung kemampuan kita dan kompetitor terdekat kita, kemudian dilanjutkan dengan langkah apa yang harus diambil dan bagaimana bila recana gagal. Kemudian segmen pasar mana yang akan kita ambil dan apa langkah yang kita ambil bila tidak berhasil. dan selanjutnya.

Saat ini, untuk membuka awal apotek strategi TATAP adalah strategi murah yang sangat efekif untuk mendongkrat kunjungan. Seperti hal yang awal saya lakukan dulu. Modal menjadi yang nomor dua, dan pengelolaan yang baik adalah yang utama.

Demikian postingan saya kali ini, semoga temu ilmiah berikutnya lebih berbobot, lebih sukses dan lebih seru serta mengundang peserta dari seluruh Indonesia lagi agar forum menjadi lebih bermanfaat bagi apoteker di seluruh Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar