Sabtu, 16 Agustus 2008

BLOG SEBAGAI FORUM INTERAKTIF

BLOG SEBAGAI FORUM INTERAKTIF

Diera dunia tanpa batas (informasi sangat mudah diakses dimana saja dengan internet), sangat baik bila blog juga dimanfaatkan sebagai sarana pertukaran informasi akan perkembangan dunia farmasi yang sangat mudah dan murah. Juga sebagai forum diskusi tentang isu yang beredar dalam dunia farmasi.

Isu seperti TATAP dan lain-lain, sangat bagus bila didiskusikan oleh semua pihak baik oleh apoteker atau siapa saja yang mempunyai hubungan dengan dunia farmasi. Demi perkembangan profesi apoteker kearah yang lebih ideal. Seringkali diantara kita mempunyai pandangan-pandangan yang berbeda-beda tentang profesi, tetapi kita semua mempunyai tujuan yang sama yaitu pelayanan yang optimal.

Perbedaan pandangan seringkali juga menimbulkan perbedaan persepsi tentang standart pelayanan. Dan semuanya mempunyai alasan masing-masing. Oleh karena itu saya setuju pendapat bahwa perbedaan pendapat sebaiknya tidak diselesaikan dengan debat kusir, tetapi diselesaikan secara ilmiah atau penelitian.

Selanjutnya pertukaran informasi lewat blog tidak harus lewat satu blog, tetapi bisa lewat blog kita masing-masing yang selanjutnya saling dikaitkan dengan link. Bila ada tanggapan terhadap tulisan seperti yang sudah-sudah boleh jadi kita menanggapi dengan membuat blog sendiri.

Isu sebaiknya juga membahas semisal peluang, tantangan dalam mendirikan apotek. Juga masalah manajemen praktis, sosial, psikologi farmasi, komunikasi farmasi dan lain-lain. Janganlah kita mengkotak-kotak antara seminat farmasi, karena bagaimanapun juga kita adalah sama-sama apoteker yang dalam pekerjaannya saling terkait. Kita yang diapotek seringkali juga membutuhkan informasi mengenai tehnologi farmasi agar dalam mengambil keputusan diapotek yang terkait tehnologi bisa lebih optimal.

Menurut pendapat saya tidak ada satupun apoteker yang hebat, karena setiap apoteker akan hebat bila kita dapat bekerja bersama-sama antar apoteker dalam suatu tim yang bernama ISFI. Juga apoteker tidak akan dapat berlaku ideal dalam menjalankan profesi, bila tidak saling berinterkasi dan bertukar pikiran antar apoteker seperti dalam forum HISFARMA. Dan sangat beruntungnya apoteker saat ini karena informasi sangat mudah diakses. Dan semoga kedepan kita menjadi lebih menyadari akan pentingnya pertukaran informasi antar profesi terkait praktek profesi apoteker.

Akhir kata, marilah kita gunakan apa saja termasuk blog sebagai forum interaktif untuk meningkatkan interaksi dan pertukaran informasi antar apoteker.

2 komentar:

  1. mau tanya nih bpk/ibu, apa saja syaratnya yang mesti diurus (perizinan) untuk pendirian sebuah apotek di kota bandung, dan berapa kira2 biaya nya untuk perizinan tersebut, terima kasih (andi - bandung)

    BalasHapus
  2. tiap daerah dapat berbeda dalam pengurusannya. coba konsultasikan kepada Ikatan Apoteker Indonesia setempat

    BalasHapus