Sabtu, 26 April 2008

BELAJAR LEWAT TELEPON GENGGAM

BELAJAR LEWAT TELEPON GENGGAM

Saat ini adalah era informasi, yang mana informasi sangat mudah diakses. Sebut saja hape atau telepon genggam, adalah alat komunikasi yang sangat umum yang mudah dioperasikan bahkan oleh anak-anak. Selain sebagai alat komunikasi telepon genggam juga bisa menjadi sumber informasi, karena telepon genggam saat ini dapat dipakai untuk mengakses internet hampir disetiap tempat. Banyak informasi yang dapat kita akses lewat telepon genggam.
Meskipun belum semua jenis data internet yang dapat diakses lewat telepon genggam, tetapi menurut saya telepon genggam sudah lebih dari cukup. Karena banyak informasi yang bisa saya dapatkan lewat telepon genggam. Sebagai apoteker saya sering kali dihadapkan kepada masalah informasi yang salah satunya adalah informasi mengenai perkembangan dunia kesehatan dan kefarmasian. Dan sebagian masalah tersebut cukup saya selesaikan lewat telepon genggam.
Mungkin anda juga mempunyai pengalaman yang sama dengan saya dalam menggunakan telepon genggam sebagai sumber informasi. mungkin anda juga berpendapat bila dunia hanya segenggam. Dunia memang hanya segenggam, informasi ada dalam genggaman kita saat ini, mulai koran, majalah, komix dan lain-lain. Kalau dijaman dulu saat kita butuh informasi, kita keperpustakaan dan pulang mungkin kita akan membawa buku besar, tetapi sekarang kita bisa mendapatkan banyak informasi cukup dari tempat kita tanpa harus beranjak kemana-mana.
Memang suatu hal mempunyai kelemahan, termasuk telepon genggam untuk berinternet ria. Salah satunya tulisan yang kecil-kecil, aksesnya cukup lama dan lain sebagainya. Tetapi dibalik kelemahan tersebut adalah banyak kelebihan penggunaan telepon genggam untuk mengakses sumber infomasi. antara lain
1. biaya cukup murah
2. dapat diakses dimana saja asal ada signal, disawah, dikota, dan sebagainya
3. kecil dan mudah dibawa, cuma segenggam.
4. harga telepon genggam relatif murah bila dibandingkan dengan komputer.
5. dsb
Sudah setahunan ini saya berinternet ria dengam telepon genggam. Saya yang ada di daerah sering kali kesulitan dalam mengakses informasi, apa lagi pada saat awal saya buka apotek. Dengan adanya telepon genggam untuk berinternet saya merasa sangat terbantu. Dulu kalau ingin mencari informasi saya harus ke warnet di kota yang jaraknya sekitar 10km dari apotek saya yang sekaligus rumah saya, tetapi sejak satu tahun yang lalu saya cukup ditempat saja dan informasi sudah bisa saya dapatkan.
Bahkan banyak pula informasi kefarmasian yang aku dapatkan lewat telepon genggam. Suatu hal yang tidak dapat saya bayangkan sebelumnya, yang mana saya diapotek bisa sampai 14 jam sehari, tetapi informasi tetap bisa saya dapatkan. suatu hal yang tidak mungkin terjadi tempo dulu.
Era informasi, yang mana informasi sangat-sangat tidak terbatas. Kita dapat belajar dimana saja tanpa harus beranjak dari tempat duduk kita, bahkan sambil tiduranpun kita bisa dapat informasi dan belajar. sungguh hal yang luar biasa. Terkadang sambil ngobrol dengan orang-orang diwarung di desa kita tetap ada informasi dan kesempatan belajarpun tetap terbuka. bahkan sambil jalan-jalan pagi menyusuri pemantang sawahpun informasi tetap bisa kita dapatkan.
Cuma sayangnya belum banyak informasi yang berbasis wap. Sangatlah beruntungnya saya seandainya ada situs ISFI yang berbasis wap. Apalagi bila seandainya ada ISO online yang berbasis wap. Mungkin kita akan lebih mudah dalam mencari atau menelusuri informasi untuk meningkatkan pengetahuan kita. Sebenarnya adalah wajar bila setahun lalu saat awal-awal saya belajar berinternet lewat telepon genggam saya membayangkan seandainya persyaratan kepemilikan buku-buku farmakope, undang-undang dan lain-lain dalam pembukaan apotek diganti dengan telepon genggam. Toh semua informasi dapat kita akses lewat internet dengan menggunakan telepon genggam.

2 komentar:

  1. Ide yang bagus. Kemajuan teknologi komunikasi memang harus kita manfaatkan untuk memelihara kompetensi kita. Bravo Apoteker Indonesia..

    BalasHapus
  2. Salam kenal, saya juga sering menggunakan HP untuk membuka internet, btw, terkait informasi kefarmasian, sering buka situs apa saja?

    BalasHapus