Selasa, 18 Maret 2008

HISFARMA

HISFARMA
Himpunan Seminat Farmasi Masyarakat


HISFARMA, himpunan seminat farmasi masyarakat adalah komunitas para apoteker yang aktif di dunia perapotekan dan para apoteker yang pekerjaannya berhunbungan langsung dengan masyarakat. Karena pekerjaan yang bersinggungan dengan masyarakat secara langsung inilah, maka pekerjaan apoteker tidak lagi hanya berhubungan dengan pekerjaan laboratorium tetapi juga berhubungan dengan ilmu sosial.

Latar belakang
Latar belakang pendiriran HISFARMA atau Himpunan Seminat Farmasi Masyarakat adalah untuk membatu ISFI dalam menterjemahkan pekerjaan-pekerjaan apoteker yang tak lepas dari bidang kefarmasian khususnya yang berkaitan lansung dengan masyarakat. Apalagi sekarang sangat pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan tuntutan masyarakat akan pentinganya profesi apoteker di masyarakat.
Latar belakang nama. Mengapa memilih seminat farmasi masyarakat sebagai nama himpunan dan bukan yang lain adalah untuk mempertegas pekerjaan apoteker di apotek atau di masyarakat yaitu bidang minat farmasi masyarakat. Dengan memilih nama pekerjaannya atau bidang minat diharapkan tangung jawab sebagai apoteker akan lebih mudah dipahami.

Tujuan
1. Menjawab setiap tantangan profesi apoteker dalam menjalankan tugasnya dimasyarakat atau diapotek.
2. Mengembangkan profesi apoteker sesuai tuntutan jaman
3. Mengamankan masyarakat dari bahaya akibat sediaan farmasi dengan mengebangkan pemahaman kesehatan masyarakat dibidang kefarmasian dengan memberikan pendidikan kesehatan secara langsung lewat apotek atau tempat tempat lain yang mungkin.
4. Membantu memanajemen kesehatan masyarakat
5. Melakukan penelitian terkait pekerjaan farmasi masyarakat

Ruang lingup kerja HISFARMA
1 meredefinisi Pekerjaan apoteker di masyarakat
Saat ini kebutuhan masyarakat akan pekerjaan kefarmasiaan berkembang sangat pesat, dan perkembangan itu harus diantisipasi secara baik oleh ISFI dan HISFARMA secara bersama-sama. Dalam mengatisipasi perkembangan pekerjaan kefarmasian inilah maka diperlukan redefinisi pekerjaan kefarmasian yang berkembang saat ini dan yang akan berkembang. Redifinisi bukan berarti berarti merubah definisi tetapi memperluas dan mempertegas sesuai tuntutan jaman baik tututan jaman ini atau masa depan.
Tak mudah memang meramalakan apa yang akan terjadi dengan perkembangan profesi terutama bagi yang tak mengikuti perkembangan tehnologi dan ilmu pengetahuan serta perkembangan peraturan peraturan yang berkembang diseluruh dunia.
Dalam melakukan redefinisi pekerjaan apoteker HISFARMA harus memperhatikan :
a. Undang-undang yang berlaku, peraturan pemerintah, permenkes, SKN, perda dan peraturan-peraturan lain yang terkait dengan pekerjaan apoteker baik secara langsung atau tidak langsung
b. Keberadaan atau kondisi praktek apoteker saat ini dan saat datang
c. Kebutuhan masyarakat akan praktek apoteker saat ini dan saat datang
d. Perkembangan iptek yang terkait farmasi baik secara langsung atau tidak langsung
e. Pekerjaan tenaga kesehatan atau professional kesehatan lain

Oleh karena itu HISFARMA harus mampu menjawab setiap perkembangan profesi baik yang disebabkan perkembangan iptek, ekonomi, sosial, budaya maupun perturan peraturan. Untuk dapat menjawab hal tersebut tidaklah cukup apoteker hanya berpangku tangan menunggu, tetapi harus aktif dalam penelitian penelitian yang terkait profesi dan selanjutnya diimplementasikan.
Pada tahapan selanjutnya hasil dari redefinisi ini dijadikan landasan untuk mengembangkan profesi apoteker.

2 Mengembangkan profesi
pengembangan profesi adalah upaya menjadikan profesi untuk lebih menjadi lebih berkembang mengikuti perkembangan dan tuntutan jaman jaman. Dengan mengembangkan pengetahuan anggota agar menjadi lebih baik, dengan pelatihan-pelatihan, pendidikan berkelanjutan, membentuk team work kefarmasian dan lain sebagainya.
Dalam pengembangan profesi HISFARMA sebagai organisasi para praktisi farmasi masyarakat harus mengembangkan profesi yang berbasis masyarakat. Dan hal-hal yang dikembangkan meliputi :
a. Mengembangkan standart pelayanan minimal dan ideal yang berbasis masyarakat dan profesi
b. Mengembangkan parameter-parameter pelayanan, sehingga dalam menjalankan profesi menjadi lebih jelas dan lebih aman
c. Membuat rencana penelitian dan melakukan penelitian profesi secara berkesinambungan
d. Menggali semua ilmu yang terkait farmasi masyarakat termasuk ekonomi, social, budaya, komunikasi, psikologi, lingkungan dan lain sebagainya
Karena dalam mengembangkan profesi harus didukung oleh pengembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang terkait kefarmasian. Maka HISFARMA juga harus mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang terkait kefarmasian yang berbasis mayarakat dan profesi.

3 Mengembangkan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang terkait pekerjaan kefarmasian
Semua apoteker anggota HISFARMA harus berperan serta mengembangkan ilmu pengetahuan yang kerkait pekerjaan kefarmasian diapotek atau dimasyarakat, yang mana pengembangan ilmu pengetahuan itu tidak hanya ilmu kefarmasian saja tetapi juga ilmu ekonomi, sosial dan budaya. Dan hasil dari pengembangan ilmu pengetahuan dapakai untuk mengembangkan profesi. Jadi semuanya menjadi sangat terkait dan saling mempengaruhi.
Salah satu peran serta dalam mengembangkan ilmu pengetahuan adalah peran serta apoteker dalam pencatatan, pelaporan dan sebagainya yang mana datanya akan digunakan untuk penelitian. Jadi tak harus apoteker melakukan penelitian sendiri-sendiri tetapi cukup dengan ikut mendukung dengan menyediakan data.
Dalam mengembangkan ilmu pengetahuan HISFARMA, sebaiknya HISFARMA juga melibatkan banyak pihak seperti profesi lain, perguruan tinggi, pemerintah msyarakat dan lain-lain.

Anggota HISFARMA
Adalah semua anggota ISFI yang dalam pekerjaannya berhubungan langsung dengan masyarakat seperti apotek, penyuluh (baik yang di dinas atau yang lain) dan lain-lain. Dan ada baiknya bila kedepan anggota HISFARMA ditambah anggota kehormatan yang terdiri dari para ahli non apoteker yang ikut memajukan profesi, baik dari pemerintahan, dosen, swasta dan lain-lain.

Kewajiban anggota
1. Berperan aktif dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan mengabdikan diri kepada masyarakat dan bangsa dengan penuh dedikasi.
2. Membawa citra baik ISFI dan HISFARMA, baik dalam lingkungan profesi ataupun diluar lingkungan profesi.
3. selalu mengikuti pelatihan-pelatihan dan pendidikan berkelanjutan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar